Bagian Dari Microsoft Excel 2016 Part 2



Bagian Dari Microsoft Excel 2016 Part 2



hai temen temen dalem.id, kita sekarang akan melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya, kita akan membahas tentang bagian microsoft excel part 2.

Riboon merupakan panel berisi berbagai konrol yang digunakan untuk menjalankan fitur excel. Ribbon terdiri atas 3 bagian utama yaitu tab, group dan kontrol. Sebuah tab memiliki datu group atau lebih yang digunakan untuk menampung beberapa konrol yang dikelompokana berdasarkan fungsinya konrol merupakaan tombol name manager dalam tab formulas group defined names. Kontrol dalam ribbon dapat di bedakan menurut jenis dan fungsinya. Berikut jenis dan fungsi kontrol dalam ribbon.
bagian utama ribbon

1. Separator kontrol ini berfungsi sebagai pembatas beberapa kontrol dalam satu group. Contoh separator dapat anda lihat dalam tab home grup aligment.

separator dalam tab home group aligment
2. Button  merupakaan konrol dalam bentuk tombol yang akan menjalankan fitur tertentu ketika diklik. Contoh button dapat liat pada tombol name manager dan create from selection dalam tab formulas grup defined names.

name manager dan create form selection

3. Button menu merupakaan tombol yang jika diklik akan menampilkan daftar menu (tombol bermenu ). Contoh kontrol yang menggabungkan tombol drop down menu adalah tombol copy dalam tab home group clipboard.

copy

4. Split button merupakaan kontrol yang mempunyai fungsi hampir sama dengan buton menu. Perbedaan adalah menu dalam split button mempunyai deskripsi menu. Contoh split button dapat anda lihat pada tombol freeze panes dalam tab viev group window.

freeze panes

5. Galery merupakaan konrol yang mempunyai fungsi hampir sama dengan button menu. Perbedaan adalah menu dalam gallery di tampilkan dalam benetuk ikon. Contoh kontrol galery dapat anda lihat pada tombol format as table dalam tab home group styles.

format as table
6. Toggle button merupakan tombol yang bersifat aktif dan tidak aktif (swicth). Jika tombol diklik maka sesuatu akan aktif dan kembali tidak aktif jika diklik lagi. Tombol yang sedang aktif mempunyai warna tampilan yang berbeda dengan tombol yang tidak aktif contoh toggle button dapat anda lihat pada tombol show all comments dalam ab review group comments.

tombol show all comments

7. Check box merupakan tombol yang berfungsi hampir sama dengan toggle button, yaitu untuk mengaktifkan atau menon aktifkan fitur. Untuk menonaktifkan fitur hilangkan tanda cobtreng pada check box. Contoh check box dapat anda lihat pada kontrol dalam tab viev group show.

check box dalam tab view group show

8. Combo box merupakaan tombol yang berbentuk kotak yang akan menampilkan sebuah daftar pilihan jika segitiga di bagian kanan kotak diklik. Contoh combo box dapat anda lihat pada kotak pilihan font dalam tab group font.
control combo box

9. Tex box merupakan tombo yang berbentuk kotak isian digunakaan dengan cara mengetikan secara langsung suatu nialai pada kontrol tersebut. Setelah di isi, tekan tombol enter  pada keyboard. Contoh kontrol dalam bentuk tex box dapat anda lihat pada kontrol table name : dalam table tools design group properties.

10. Spiner merupakan kontrol kotak isian yang digunakaan dengan cara mengetikaan secara langsung nilai pada kontrol tersebut. Selain dengan mengetikaan langsung, anda juga dapat mengubah nilai dengan klik tombol panah atas atau panah bawah. Tombol panah atas digunakaan untuk meningkatkan nilaia, sedangkan tombol panah bawah untuk nerunkan nilai. Contoh kontrol dalam bentuk spiner dapat anda lihat pada kontrol scale dalam tab page layout group scale to fit.

control spiner
11. Dialog box louncer merupakaan tombol yang digunakaan untuk menjalankan kotak dialog tertentu. Dialog box launcer terletak di bagaian pojok kanan bawah group.contoh dialog box louncer untuk menjalankan kotak diaog format cells dalam tab home group font dapat dilihat pada ambar dibawah.Tab dalam ribbon dapat dibedakan menjadi 2, yaitu main tabs dan tool tabs. Tab yang termasuk main tabs adalah home, insert, page.

dialog box launcer format cells: font
Sampai disini perkenalan tentang bagian bagian microsoft excel 2016, teman-teman dalem.id. sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Dari Microsoft Excel 2016 Part 2"

Post a Comment