Bagian Dari Microsoft Excel 2016

Mengenal Bagian Bagian Dari Microsoft Excel 2016




tampilan antar muka excel 2016
Hai teman teman dalem.id, di artikel sebelumya kita telah membahas tentang bagaimana cara membuka microsoft excel 2016. Dan di atikel ini kita akan sama sama membahas atau mengenal  icon - icon yang terdapat di microsoft excel 2016. Tanpa basi - basi mari kita mulai dengan mengenal tampilan excel 2016.


Title Bar merupakan balok yang menampilkan nama program dan nama workbook yang sedang aktif.

Name Box merupakan kotak informasi  yang menempilkan refernsi alamat sel, nama sel/range atau nama objek yang sedang aktif .

Formula Bar merupan kotak informasi yang menampilakan nilai atau formula dalam sel aktif.

name box dan formula bar

Quick Acces Toolbar
merupakan toolbar berisi kontrol untuk menjalankan suatu filter dengan lebih cepat dan lebih mudah. Quick acces terletak di pojok kiri atas excel.

tampilan quick access toolbar

Ribbon
merupakan panel berisi berbagai macam, kontrol yang digunakan untuk menjalankan fitur excel.

tampilan ribbon


Ribbon Display Optionsmerupakan tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan ribbon. Tombol ribbon display options terletak di bagian pojok kanan ats excel.

Collapse The Ribbonmerupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan atau menyumbunyikan kontrol dalam ribbon tombol collapse the ribbon terletak di bagian pojok kanan atas excel.

Minimizemerupan tombol yang digunakan untuk memperkecil window workbook atau program excel.  Jendela akan ditampilkan sebagai ikon pada taksbar  windows. Tombol minimize terletak di bagian pojok kanan atas excel.

Restoremerupakan tombol  yang digunakan agar window workbook atau program excel tidak ditampilkan dalam satu layar penuh. Jika tombol restore diklik, maka tombol akan berubah menjadi maximize. Tombol restore  terletak di bagian pojok kanan atas excel.

Maximizemerupakan tombol yang digunakan untuk memperbesar  windows workbook atau program excel menjadi satu layar penuh. Jika tombol maxime dklik, maka tombol akan berubah menjadi restor. Tombol maxime  terletak di bagian pojok kanan atas excel.

Closemerupakan tombol yang digunakan untuk menutup workbook atau keluar dari program excel. Tombol close terletak di bagian pojok kanan atas excel.

tombol minimize, restore/maximize dan close

Sel Aktif merupakan sel yang sedang dipilih sehingga dalam keadaan aktif. Referensi alamat sel aktif akan ditampilkan dalam name box sedangkan nilai atau formulanya ditampilkan dalam formula bar.


Pointer Mouse merupakan indikator penunjuk mouse. Bentuk pointer mouse dapat berubah ubah, tergantung fitur atau tindakan apa yang sedang di jalankan ,

Nama Kolom merupakan nama yang di tampilkan pada setiap kolom dalam worksheet. Nomor baris merupakan nomor yang di tampilkan pada setiap baris dalam worksheet.

Vertical Scroll Bar merupakan scroll bar yang digunakan untuk menggulung worksheet secara vertikal (ke atas bawah).

Horizontal Scroll Bar merupakan scroll bar yang digunakan untuk menggulung worksheet secara horizontal (ke kanan dan kekiri).

Navigasi Worksheet  merupakan kontrol yang digunakan untuk menentukan worksheet yang akan di tampilkan dalam tab worksheet. Jika kontrol navigasi worksheet dklik kanan, muncul daftar nama worksheet yang da[at anda pilih untuk diaktifkan . kontrol navigasi worksheet terletak di bagian pojok kiri bawah excel.
kontrol navigasi worksheet

Tap Worksheet menampilkan nama worksheet dalam sebuah workbook. Jika jumlah worksheet dalam workbook sudah cukup banyak, maka tidak seluruh nam worksheet ditampilkan. Ginakan kontrol navigasi worksheet untuk menentukan worksheet yang akan ditampilkan. Tab worksheet dibagian pojok kiri bawah excel.
tampilan tab worksheet

New Sheet
 merupakan tombol yang digunakan untuk menambah worksheet ke dalam workbook aktif.

Status Bar merupakan balok berisi informasi tentang apa yang sedang dijalankan excel serta berbagi informasi penting lain yang umumnya dibutuhkan pengguna, misalkanya informasi hasil perhitungan berdasarkan range yang diblok, status bar juga digunakan untuk menampung beberapa kontrol yang sering digunakan. Klik kanan status bar kemudian beri tanda contreng pada informasi atau kontrol yang akan diaktifkan. Untuk menonaktifkan informasi atau kontrol, klik kanan status bar kemudian hilangkan tanda contreng pada informasi atau kontrol tersebut.

Zoom Slidermerupakan kontrol zoom out , slider dan zoom in yang digunakan untuk mengatur tampilan ukuran worksheet. Zoom slider terletak di bagian pojok kanan bawah excel.

Zoom Levelmerupakan tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan ukuran worksheet dalam persente melalui kontak dialog zoom. Zoom level terletak di bagian pojok kanan bawah excel.





Normalmerupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan worksheet dalam tampilan normal tombol.  Normal terletak  diabagian pojok kanan bawah excel.

Page Layout merupakaan tombol yang digunakan untuk menampilkan worksheet dalam bentuk cetakan kertas, halaman demi halaman seperti halnya tampilan dokument dalam microsoft word. Tombol page layout terletak di bagian pojok kanan bawah excel.

Page Break Priviewmerupakaan tombol yang digunakan untuk menampilkan worksheet dalam tampilan normal disertai garis yang memisahkan tiap halaman (page break). Tombol page break preview terletak di bagian pojok kanan bawah excel.

hai teman teman dalem untuk lanjut mengenal microsoft excel part 2, klik disini



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Dari Microsoft Excel 2016"

Post a Comment