sejarah microsoft excel


sebelum belajar lebih jauh tentang microsoft excel. lebuh baik kita tahu dulu sejarah dan perkembangan microsoft excel dari masa ke masa. Namun sebelum itu kita perlu tahu sendiri microsoft excel itu sendiri.

PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL

Apa sih Microsoft Office Excel itu?
Bagaimana sih pengertian Microsoft Excel itu?

Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang bekerja dan dijalankan oleh  Microsoft Corporation  untuk sistem operasi Microsoft Windows. Perangkat ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja.

Oleh sebab itu syarat utama untuk dapat menggunakan program aplikasi excel ini, komputer yang Anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating system) Windows terlebih dahulu.

Microsoft Excel adalah satu dari sekian banyak Program Aplikasi yang tersedia dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang dikustom untuk pengolahan angka.
Anda dapat melakukan hal-hal yang menggunakan program aplikasi terbaik yang tepat untuk Anda gunakan. Namun, tentu saja tidak hanya karena Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang juga dapat digunakan untuk hal-hal lain yang lebih dari itu.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan workbook ada 
lembar kerja atau lembar kerja  yang biasanya cukup kita sebut lembar saja. Jika buku kerja adalah buku yang merupakan lembar-lembaran kertas dalam buku tersebut. Penjelasan lebih detail tentang istilah-kata ini akan kita bahas pada panduan-panduan selanjutnya. 

Microsoft Excel yang Anda kenal sekarang sudah cukup berbeda dengan versi awalnya. Bagaimana perkembangannya? Setelah mengetahui tentang pengertian microsoft excel selanjutnya kita akan membahas tentang sejarah microsoft excel.


SEJARAH MICROSOFT EXCEL

Bagaimana legenda perkembangan Excel?


Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, namun hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya bernama Excel, tanpa Microsoft sederhana.

Pada awal kesulitan Excel tersebut, microsoft mulai diperuntut perusahaan-perusahaan lain yang juga bergerak pada bidang finansial yang juga mengeluarkan produk Excel. Pada akhir dari itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel. 

Setelah penuntutan itu Microsoft tidak terlalu mengambil masalah itu, akhirnya pihak Microsoft mengeluarkan nama perangkat lunak dari perusahaan penuntut tersebut untuk memastikan tidak ada masalah nama Excel dikemudian hari.

Pada tahun 1987, microsoft meluncurkan Excel untuk sistem operasi Windows yang dinamakan Excel versi 2.0. Microsoft Excel berhasil mendahului peran beratnya pada waktu itu untuk jenis aplikasi sejenis, yaitu lotus 1-2-3 yang terlambat mengeluarkan versi windowsnya dan masih menggunakan MS-DOS.Pada tahun 1988, Excel berhasil total menggeser alih itu dan menjadi satu spreadsheet yang sangat populer dan handal dipasaran.

Saat pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft mendesain ulang tampilan antar muka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada saat itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling cerdas.
Keberhasilan Microsoft ini membuat mereka selalu berkembang dan terus mengeluarkan versi-versi terbaru sampai sekarang.
Untuk mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft excel ini, bisa baca artikel di  Wikipedia  atau di situs resmi  Microsoft Excel .


PERKEMBANGAN VERSI MICROSOFT EXCEL

Setelah membahas pengertian microsoft excel dan sejarah microsoft excel selanjutnya kita akan membahas perkembangan versi ms. excel dari waktu ke waktu.



Pertumbuhan Microsoft Excel Untuk Windows

Berikut perkembangan microsoft excel dari awal sampai saat ini untuk versi Windows:

Tahun 1987 - Microsoft Excel 2 (Versi 2.0)
Tahun 1990 - Microsoft Excel 3 (Versi 3.0)
Tahun 1992 - Microsoft Excel 4 (Versi 4.0)
Tahun 1993 - Microsoft Excel 5 (Versi 5.0)
Tahun 1995 - Microsoft Excel 95 (Versi 7.0)
Tahun 1997 - Microsoft Excel 97 (versi 8)
Tahun 2000 - Microsoft Excel 2000 (versi 9.0)
Tahun 2002 - Microsoft Excel 2002 (versi 10.0)
Tahun 2003 - Microsoft Excel 2003 (versi 11.0)
Tahun 2007 - Microsoft Excel 2007 (Versi 12.0)
Tahun 2010 - Microsoft Excel 2010 (Versi 14.0)
Tahun 2013 - Microsoft Excel 2013 (Versi 15.0)
Tahun 2016 - Office Excel 2016 (Versi 16.0)





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "sejarah microsoft excel"

Post a Comment